Blog

Sejarah Hari Jadi Kota Magelang

logo_kota_magelang

Hari Jadi Kota Magelang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989, bahwa tanggal 11 April 907 Masehi merupakan hari jadi. Penetapan ini merupakan tindak lanjut dari seminar dan diskusi yang dilaksanakan oleh Panitia Peneliti Hari Jadi Kota Magelang bekerjasama dengan Universitas Tidar Magelang dengan dibantu pakar sejarah dan arkeologi Universitas Gajah Mada, Drs.MM. Soekarto Kartoatmodjo, dengan dilengkapi berbagai penelitian di Museum Nasional maupun Museum Radya Pustaka-Surakarta. Kota Magelang mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih, yang saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang. Di kampung Meteseh saat ini terdapat sebuah lumpang batu yang diyakini sebagai tempat upacara penetapan Sima atau Perdikan.

Untuk menelusuri kembali sejarah Kota Magelang, sumber prasasti yang digunakan adalah prasasti Poh, prasasti Gilikan dan prasasti Mantyasih. Ketiganya merupakan prasasti yang ditulis di atas lempengan tembaga.

Parsasti POH dan Mantyasih ditulis zaman Mataram Hindu saat pemerintahan Raja Rake Watukura Dyah Balitung (898-910 M), dalam prasasti ini disebut-sebut adanya Desa Mantyasih dan nama Desa Glangglang. Mantyasih inilah yang kemudian berubah menjadi Meteseh, sedangkan Glangglang berubah menjadi Magelang.

Dalam Prasasti Mantyasih berisi antara lain, penyebutan nama Raja Rake Watukura Dyah Balitung, serta penyebutan angka 829 Çaka bulan Çaitra tanggal 11 Paro-Gelap Paringkelan Tungle, Pasaran Umanis hari Senais Sçara atau Sabtu, dengan kata lain Hari Sabtu Legi tanggal 11 April 907. Dalam Prasasti ini disebut pula Desa Mantyasih yang ditetapkan oleh Sri Maharaja Rake Watukura Dyah Balitung sebagai Desa Perdikan atau daerah bebas pajak yang dipimpin oleh pejabat patih. Juga disebut-sebut Gunung Susundara dan Wukir Sumbing yang kini dikenal dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Begitulah Magelang, yang kemudian berkembang menjadi kota selanjutnya menjadi ibukota Karesidenan Kedu dan juga pernah menjadi ibukota Kabupaten Magelang. Setelah masa kemerdekaan kota ini menjadi kotapraja dan kemudian kotamadya dan di era Reformasi, sejalan dengan pemberian otonomi seluas-luasnya kepada daerah, sebutan kotamadya ditiadakan dan diganti menjadi kota.

Ketika Inggris menguasai Magelang pada abad ke 18, dijadikanlah kota ini sebagai pusat pemerintahan setingkat Kabupaten dan diangkatlah Mas Ngabehi Danukromo sebagai Bupati pertama. Bupati ini pulalah yang kemudian merintis berdirinya Kota Magelang dengan membangun Alun – alun, bangunan tempat tinggal Bupati serta sebuah masjid. Dalam perkembangan selanjutnya dipilihlah Magelang sebagai Ibukota Karesidenan Kedu pada tahun 1818.

Setelah pemerintah Inggris ditaklukkan oleh Belanda, kedudukan Magelang semakin kuat. Oleh pemerintah Belanda, kota ini dijadikan pusat lalu lintas perekonomian. Selain itu karena letaknya yang strategis, udaranya yang nyaman serta pemandangannya yang indah Magelang kemudian dijadikan Kota Militer: Pemerintah Belanda terus melengkapi sarana dan prasarana perkotaan. Menara air minum dibangun di tengah-tengah kota pada tahun 1918, perusahaan listrik mulai beroperasi tahun 1927, dan jalan-jalan arteri diperkeras dan diaspal.

Advertisements

Tips Keselamatan saat melakukan Olahraga Arung Jeram

Memakai Jaket Pelampung
Olahraga arung jeram bisa menjadi olahraga yang berbahaya, jika dilakukan pada ketinggian debit air tertentu dan memiliki medan trek yang sulit. Selain itu selalu ada potensi bahwa tubuh Anda mungkin akan terhempas ke air. Jika Anda bisa berenang maka itu bukan jaminan yang kuat untuk keselamatan. Memakai jaket pelampung akan membantu Anda ketika badan terhempas ke air. Jaket pelampung  bisa berfungsi saat arus air sedang kencang.

 

Gunakan Perangkat Pelindung
Perlengkapan perlindungan adalah peralatan yang tidak boleh ditinggalkan ketika melakukan arung jeram. Harus memakai helm untuk perlindungan kepala, kaus tangan jika diperlukan. Peralatan keselamatan biasanya selalu akan diperkenalkan oleh instruktur arung jeram.

 

Pakailah Pakaian yang Nyaman
Pakaian yang dipakai saat arung jeram hendaknya juga sesuai dengan kebutuhan. Jangan memakai sandal dengan hak tinggi atau sepatu kets yang bisa menyerap banyak air. Semua pakaian yang nyaman lebih baik dipakai daripada harus mementingkan gaya.

 

Ikuti Proses Briefing
Proses briefing biasanya akan diperkenalkan ke semua peserta arung jeram. Jangan pernah menyepelekan semua instruksi yang diberikan oleh ketua atau panitia arung jeram. Instruksi penting biasanya berkaitan dengan :

teknik dayung
teknik bertahan dalam perahu
teknik untuk menguasai arus deras
cara untuk menyelamatkan diri saat jatuh ke air

Ikuti semua petunjuk sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka bisa mengetahui jalan keluarnya.

 

Ikuti Pemimpin saat Arung Jeram
Dalam satu perahu yang digunakan untuk arung jeram, biasanya akan dipimpin oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang akan memberikan aba-aba kepada semua peserta. Dalam proses arung jeram maka sebaiknya terus menaati perintah pemimpin dan tidak membuat hal yang bersifat membahayakan semua peserta.

 

Tidak Mudah Panik
Jangan mudah panik, itulah salah satu hal yang paling sering dikatakan dalam olahraga arung jeram. Para peserta harus percaya kepada semua anggota dalam satu perahu sehingga jika terjadi hal-jal yang tidak dibayangkan maka bisa mudah mengambil tindakan.

 

Kuasai Teknik Berenang
Arung jeram tidak membutuhkan keahlian berenang secara khusus karena berenang di arus sungai memang sangat sulit. Untuk mencegah semua kecelakaan maka semua orang yang ingin melakukan arung jeram harus menguasai teknik berenang. Manfaat berenang tidak hanya menyehatkan badan, namun dapat menjamin keselamatan dalam kondisi tertentu.

Manfaat Rafting Untuk Kesehatan Mental

Manfaat Olahraga Arung Jeram Secara Mental

 

Merelaksasi Pikiran

Arung jeram menjadi olahraga air yang sangat menyenangkan. Berbagai jenis tempat arung jeram biasanya memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Suara arus dan ombak air sungai dengan ketinggian khusus akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Arung jeram akan membuat pikiran semua orang menjadi lebih tenang sehingga semua beban pikiran dan tekanan pekerjaan bisa keluar.

 

Menghilangkan Stres

Tekanan pekerjaan dan kehidupan kota adalah potensi penyebab stres yang paling tinggi. Rasa stres bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk menghilangkan rasa stres, cobalah untuk melakukan yang disukai seperti manfaat bermain gitar. Arung jeram juga bisa menjadi pilihan yang meyenangkan, terlebih lagi pemandangan alam yang disuguhkan pasti menyejukkan. Aktifvtas di bawah sinar matahari akan mendatangkan kebahagiaan. Bersenang-senang dengan alam seperti melakukan arung jeram, akan membuat perasaan dan mental menjadi lebih baik.

 

Melawan Rasa Takut

Banyak orang yang memiliki rasa takut berlebihan atau phobia. Takut dengan air menjadi hal yang sangat tidak nyaman untuk beberapa orang. Arung jeram menjadi salah satu media latihan yang sangat baik untuk mengendalikan rasa takut dan rasa khawatir pada orang yang menderita phobia air. Saat melakukan kegiatan arung jeram ini, maka seorang pemula harus didampingi instruktur untuk mengajarkan teknik untuk melawan rasa takut.

Kepuasan saat sampai di garis finish, akan membuat rasa takut mudah untuk dilawan. Dengan cara ini maka seseorang bisa memiliki pengalaman yang sangat besar untuk melawan rasa takut.

 

Memperkuat Persahabatan

Ikatan persahabatan mampu membuat seseorang memiliki kondisi jiwa yang lebih baik. Hal ini mendorong seseorang untuk memiliki tingkah laku yang lebih baik dan jiwa sosial yang tinggi. Saat melakukan arung jeram dalam satu kelompok sahabat atau orang yang baru kenal, maka intensitas kerjasama saat melakukan arung jeram akan membuat hubungan soaial menjadi lebih erat.

 

Melatih Emosi

Melawan arus air membutuhkan elemen tubuh dari berbagai bagian. Tubuh kuat dan otot yang sehat akan digerakkan selama melakukan olahraga arung jeram. Selain itu, beberapa orang yang berada dalam satu perahu arung jeram memiliki tugas yang berbeda. Ikatan emosi yang paling penting saat melawan arus saat berada dalam lintasan yang sulit, akan memancing emosi semua peserta.

Manfaat olahraga arung jeram akan membuat ikatan emosi antara peserta dan emosi pribadi menjadi lebih stabil. Karena hal ini akan melatih diri, untuk mengambil sikap dalam kondisi yang paling berbahaya pada sebuah tim.

Melakukan arung jeram memiliki potesin yang sangat hebat untuk kondisi tubuh dan mental. Arung jeram akan mendekatkan manusia kepada alam sehingga manusia juga lebih bisa menghargai alam. Jadi, apakah Anda masih ragu untuk mencoba arung jeram?

Manfaat Rafting Untuk Kesehatan Fisik

Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Fisik

 

Melatih Kekuatan Otot Tubuh

Para peserta arung jeram memang terlihat hanya duduk di perahu dan bergerak sesuai dengan gelombang air yang menggerakkan perahu. Namun hal ini belum semuanya terlihat, karena olahraga orang jeram ini membuat tubuh menjadi terlatih. Hal ini disebabkan karena saat perahu bergerak, maka badan dituntut untuk seimbang agar tidak jatuh. Selain itu saat air tidak banyak menggerakkan perahu, maka perahu harus digerakkan dengan tenaga dayung dari semua peserta dalam perahu.

 

Membantu Pembakaran Kalori Tubuh

Apakah anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan? Sesekali cobalah manfaat olahraga arung jeram, ketika jenuh dengan program diet dijalani. Dalam gerakan arung jeram, posisi tubuh dituntut untuk melakukan berbagai jenis gerakan. Gerakan mendayung diperlukan saat perahu berada di debit air yang stabil, sementara perahu membutuhkan gerakan kuat untuk mempertahankan perahu saat berada dalam debit air yang kencang.
Jika berbagai jenis gerakan dalam arung jeram dilakukan secara terus menerus maka tanpa disadari metabolisme tubuh untuk pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Hal ini akan membantu program diet yang sedang dijalani.

 

Memperkuat Otot Jantung

Arung jeram membutuhkan tenaga ekstra untuk tubuh. Berbagai jenis gerakan seperti gerakan dayung akan memperkuat otot lengan dan dada. Namun dalam kegiatan ketika arung jeram ini, biasanya ada rasa takut dan khawatir. Perasaan ini akan membuat jantung bekerja lebih cepat. Bagi orang yang memiliki ketakutan maka akan membuat jantung terpacu.
Kekuatan otot tubuh akan mengalirkan oksigen ke pembuluh darah dan jantung akan memompa dengan lebih cepat. Hal inilah yang membuat arung jeram sangat baik untuk melatih kekuatan otot jantung.

 

Membersihkan Paru-paru

Lingkungan alam sebagai tempat untuk melakukan arung jeram, biasanya masih sangat asri karena masih dialiri sungai yang deras. Jika mungkin terbiasa dengan menghirup udara perkotaan dengan polusi tinggi yang kurang akan manfaat penghijauan, maka paru-paru kemungkinan juga kurang bersih. Menghirup udara segar di tempat wisata olahraga arung jeram seperti sungai yang dikelilingi oleh bukit, pegunungan, sawah dan tebing akan membuat paru-paru menghirup udara yang masih bersih. Arung jeram akan membuat kondisi kesehatan tubuh menjadi lebih stabil, bahkan untuk bagian organ dalam seperti paru-paru.